Beranda · Home · Daily · Motivasi Pengembangan Diri Khasanah Islam Travelling BlogContest Contact Me

FRESH GRADUATE, SUDAH PUNYA DREAM PLAN?

Fresh Gradute adalah sebutan untuk lulusan baru dari dunia pendidikan. Dari lulusan siap kerja SMA/K yang tidak melanjutkan pendidikanya ke perguruan tinggi sampai level Sarjana Strata1 (S1) yang baru saja lulus tanpa pengalaman pekerjaan sedikitpun. Hampir kebanyakan dari teman-teman Fresh Graduate tidak memiliki gambaran ataupun bingung untuk menentukan langkah apakah melanjutkan ke perguruan tinggi? Menentukan jurusan yang diambil? Apakah harus bekerja? Bekerja di bidang apa? Kemampuan apa yang harus dimiliki saat bekerja? Bagaimana cara membuat resume? Sampai, Apa yang harus dilakukan saat wawancara?

Hal ini biasanya terjadi karena tidak ada yang mengarahkan. Biasanya dialami oleh teman-teman di lingkungan ekonomi menengah kebawah. Untuk itu dalam artikel ini saya akan sharing tentang apa yang harus dipersiapka oleh teman-teman fresh graduate?




DREAM PLAN adalah salah satu tools yang wajib dimiliki setiap Fresh Graduate. Sebuah perencanaan berdasarkan mimpi dan passion kamu sendiri. Jadi jangan bermimpi dan berangan dalam tidur saja, kalian harus menuliskan apa yang kalian impikan dan dituangkan dalam bentuk perencanaan yang matang. Tentunya kita harus realistis, dengan merencanakan apa yang harus dilakukan jika yang kita rencanakan mengalami kegagalan. 

Kegagalan adalah hal yang lumrah terjadi saat kita mengejar cita-cita. Namun jangan dijadikan alasan untuk menyerah dengan keadaan, untuk itu rencana candangan ini sangat penting untuk langkah selanjutnya agar kita tidak terlalu terpuruk dalam kegagalan. Dan menjadi pengalaman gagal ini sebgai sebuah penyemangat mengejar cita-cita.

Dream Plan berisi point-point seperti :

  • Karir impian
  • Kampus impian 
  • Tempat yang ingin disinggahi
  • Sesuatu yang ingin dimiliki (Motor, Mobil, Rumah, dll)
Lalu point-point diatas dilengkapi dengan bagaimana langkah-langkah kamu mewujudkan nya. Tentunya harus realistis dan terencana dengan baik. Disiplin & ketekunan adalah kunci untuk mewujudkan Dream Plan yang sudah kamu rancang.

Sebelum menentukan dream plan, tentunya kamu harus berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman agar kamu bisa memastikan apakah mimpi kamu masih realistis dengan kondisi saat ini. 

Jika kamu ingin lebih terinspirasi, tunggu artikel selanjutnya yah.. 

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "FRESH GRADUATE, SUDAH PUNYA DREAM PLAN?"

Posting Komentar