Beranda · Home · Daily · Motivasi Pengembangan Diri Khasanah Islam Travelling BlogContest Contact Me

ONLINE TRAINING COURSE, SEBERAPA PENTINGKAH UNTUK FRESH GRADUATE?

Online Training Course (Kursus Pelatihan Online) adalah proses transfer pengetahuan dari narasumber kepada responden untuk mendapatkan tujuan memahami bidang ilmu tertentu yang dibahas secara spesifik dan mendalam dalam beberapa sesi tatap muka dengan sistem daring (online).

Biasanya dalam pelatihan online narasumber sudah mempersiapkan beberapa tema spesifik dalam disiplin ilmu tertentu yang sudah sangat dikuasai oleh narasumber dan dijadikan objek penelitian khusus sebelumnya sehingga penguasaan materinya sudah cukup dalam dan sesuai dengan realita yang ada, dan menjadi keresahan dan ketidakmampuan orang banyak pada umumnya. Contohnya : penguasaan materi bahasa inggris dalam interview kerja, tips & trick sukses berjualan online, atau sukses menjalani bisnis tertentu.




Pembahasan tentang tips & tricks mencari pekerjaan dengan mudah biasanya salah satu tema yang sangat disukai para responden. Terutama untuk freshgraduate  yang belum memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai dunia kerja. Karena memang lembaga pendidikan tentunya jarang mempersiapkan hal ini untuk para peserta didik. Dengan bekal hasil pembelajaran mereka berjuang sendiri tanpa bekal yang cukup bersaing mencari pekerjaan dengan para pencari kerja lain, yang selangkah lebih berpengetahuan & berpengalaman karena sudah pernah mengalami kegagalan sebelumnya.

Sebuah pepatah mengatakan : "kegagalan adalah guru terbaik dalam kehidupan". Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Dalam proses menjalani sesuatu kita tidak serta merta akan langsung berhasil dengan kemampuan yang kita miliki saat ini, dari proses kegagalan itu kita mempelajari banyak hal secara otodidak (dengan sendirinya), melatih mental dengan mengalami hal-hal yang menyakitkan sehingga menumbuhkan motivasi untuk berhasil pada usaha selanjutnya.

Lalu mengapa pelatihan menjadi begitu sangat penting? Hal ini menjadi pertanyaan mendasar bagi para responden yang mempertimbangkan apakah perlu mengikutinya?

Seperti disampaikan diawal, pelatihan selalu memilih satu tema spesifik dalam bidang ilmu tertentu yang menjadi keresahaan atau kesulitan banyak orang pada umumnya. Sehingga untuk orang-orang yang ingin mempersiapkan diri lebih baik, dengan mengikuti pelatihan adalah salah satu cara cepat & efisien. Tanpa harus mengalami kegagalan yang menyakitkan atau membuang waktu lebih banyak.

Sebuah pepatah mengatakan : "Sedia payung sebelum hujan". Bukankah lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya sebelum benar-benar menghadapi kenyataan yang mungkin belum mampu kita hadapi.

Lalu kenapa saat ini pelatihan dengan sistem online menjadi sebuah trend yang hampir dilakukan setiap praktisi, coach, guru, dosen, dan trainer pada umumnya?

Dengan kondisi pandemi Covid19 yang dihadapi seluruh dunia, dan belum ada kepastian solusi untuk penyelesaian penyebaran sampai vaksin penangkalnya. Bahaya dan resiko tertular sangat tinggi, sehingga opsi pelatihan melalui aplikasi pertemuan online, seberapapun jauhnya selama setiap orang memiliki jaringan akses internet yang stabil maka hal ini tidak menjadi masalah. 

Source : www.yarpi.org
Kalau begitu, pelatihan apa saja yang bisa kita ikuti dengan kondisi seperti sekarang? Berikut referensi materi pelatihan online yang bisa teman-teman ikuti :
1. Pelatihan persiapan kerja
2.Pelatihan softskill (mengetik, memasak, dll) 
3, Pelatihan entrepreneur
4. Pelatihan onlineshop
5. Pelatihan budidaya flora & fauna
6. Pelatihan bahasa asing
7. Pelatihan hardskill (montir, tekhnisi, dll)

Bagaimana teman-teman, ingin mempersiapkan diri lebih baik? Atau memilih berjuang menempuh jalan sulit dan membuang waktu?

-diahp6821-
   

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "ONLINE TRAINING COURSE, SEBERAPA PENTINGKAH UNTUK FRESH GRADUATE?"

Posting Komentar